KERAMIK MELEDAK ? APA YANG SALAH ?

keramik adalah material yang mudah pecah, saat lantai rumah sobat bergelombang, dan kemudian perlahan keramik pecah, hal ini sering di sebut keramik “Meledak” atau “popping” ini banyak terjadi pada ruangan depan bahkan rumah yang masih baru. banyak sebab yang bisa menyimpulakan kejadian keramik meledak ini. yuk simak penjelasannya di bawah ini:

 

Kondisi tanah

Penyebab pertama adalah kondisi tanah,perubahan dan pergerakan tanah bisa saja tejadi tanpa bisa kita cegah, dan memaksa lantai yang di atasnya untuk bergerak dan bisa terjadi keramik meledak atau “popping”

Perekat Lantai

Perekat keramik tradisional (semen,pasir,air) akan menyusut seiring berjalannya waktu karena air yang terkandung semakinmnguap, hal ini berakibat pada keramik yang perlahan terlepas dengan sendirinya. selain itu media yang tidak rata biasa menyebabkan keramik yang kopong sehingga bisa terisi air dan udara yang membuat keramik di atasnya menjadi retak dan pecah

 

Nat

nat atau jarak antara keramik satu dan keramik lainnya terlalu rapat menyebabkan keramik tidak bisa memuai sebagaimana mestinya. baiknya cetah antar keramik di buat sedikit renggang agar keramik bisa memuai dan menyusut dengan baik

 

Beban Berlebihan

keramik memiliki ketahanan yang terbatas, beban yange berlebihan pula dapat memecah keramik atau menurunkan permukaan keramik sehingga keramik akan masuk kedalam sehingga permukaan keramik akan semakin cekung.

 

Kualitas keramik

lantai keramik memiliki kadar muaisusut akibat perubahan suhu yang drastis, keramik yang memuai susut dengan cepat memiliki kualitas yang kurang baik sehingga keramik mudah pecah dan retak.

 

Sobat perhatikan hal hal di atas sebelum memasang keramik ya, agar rumah idaman sobat semakin nyaman untuk di huni.